Saturday, May 10, 2014

Mungkin Alam Sudi Mendengar

            Pernah, suatu ketika orang berkata “jangan pernah melanggar kata orang tua, nanti celaka”. Dengan cepat otak ini ngalahin odong odong dalam berfikir, dan mendudukkan pikiran bahwa gue ga boleh melanggar kata orang  tua. Gue pernah punya cita-cita, jadi arsitek waktu SMP, karena waktu itu pelajaran matematikanya ga bikin godek kepala gue, yang kalo lama lama godek bisa bikin kepala jadi hidrosefalus, gede gitu dan akhirnya gue jadi besar kepala (eleh, ngawur). Tapi, setelah masuk SMA, gue ga mau ribet, jadi gue ngambil ekskul olimpiade biologi. Disini gue sadar kata “pikir dulu sebelum bertindak” teteup kepala gue godek, dengan segitu banyak hafalan. Awalnya gue masuk ekskul ini karna gue ngarepnya bisa dukung buat jadi arsitek, ternyata gue salah, ekskul ini berhasil ngebawa gue ke cita-cita jadi dokter. Biar bisa kayak susan, gue bisa nyalurin bakat terpendam, psikopat. Nyuntik orang dimanamana (Selamat, gue merusak masa depan gue secara tidak langsung. Maafkeun!) Daku lanjut saja...
Jadi, gue tetep lanjut dengan cita-cita ini, ditambah lagi orang tua gue pengen gue jadi dokter juga, entah karena seneng anaknya jadi psikopat atau apalah. Sampai titik akhirnya, gue sampai diujung tanduk, memilih jurusan buat kuliah.  Gue sempet milih STIS, karena gue susah move on dari matematika. Terlalu banyak kenangan antara gue dengan matemakita, dari makan batagor bareng, shufle bareng, ngesirkus bareng, sampai bobok bareng. Kurang apalagi coba. Tapi seketika negara api menyerang, ayah dengan nada mengalahkan ucok ucok di medan kerasnya, bilang ke gue “kalau mau jadi dokter, yaudah satu aja! Jangan bercabang cabang!. Lalu ayah pergi entah kemana, keluar dari kamar gue yang udah kayak sarang kalong, sangking purbanya gue. Gue nangis. *backsound: cengeng ini membunuhku* sambil naik wrecking ball nya miley cyrus, tapi gue pakai baju, ga kayak miley banget lah, gue hancurin rumah gue dengan brutalnya. Gue saat itu di posisi hidup segan mati tak mau. Gue pesimis milih jurusan kedokteran. Karana yaa memang, gue ga jenius-jenius banget kayak si ganteng DR. OZ. Jadi itu, yang buat pikiran gue bercabang, satu sisi orang tua gue pengen gue jadi dokter, dan sisi lian gue ga bisa move on dari si matematika. Tapi, karena gue inget, otak gue udah duduk di perkataan “jangan pernah melanggar kata orang tua, nanti celaka”. Jadi gue turutin semua nya. Ya, memang, dari kecil, gue anaknya nurut banget. Ya sesekali gue pernah lah bohong, gue ga boleh pacaran tapi tetep aja pacaran, celaka gue, CELAKA! Mah, yah, maafkan anakmu. Tidak akan mengulanginya (lambaikan tangan ke kamera).
Singkat cerita, gue lulus di FMIPA FISIKA UNSOED, jalur undangan. Tapi gue ga ambil. Karna otak gue udah duduk, IYAAAA, OTAK GUE UDAH DUDUK, TAKUT CELAKA. Akhirnya, ini pedih banget, SNMPTN gue ga lulus. Karna itu. Yang gue ambil ga cocok dengan otak gue yang duduk :’( kemudian, gue ikutin semua tes-tes PTN PTS yang tertinggal. Namun, semua hanya menambahkan kenangan di hidup gue (backsound: suara bajaj butut), gue tetep mikirin matematika, masih mikirin gue ga ya. Oke, lupakan. Panjang cerita, sepanjang jalan kenangan, kita slalu bergandeng tangan (maaf salah fokus), finally, gue lulus jalur mandiri kedokteran. Mah, yah, selamat. Keinginan mamah, ayah tercapai. Eh, keinginan kita maksudnya :’) hari berganti hari, bulan berganti matahari, karena malam udah jadi siang. BANGUUN WOII!! Bubur ayamnya udah lewat, ga makan kan lo jadinya gegara baca ini. Maafkeun! Lanjut cerita. Udah jadi mahasiswi nih ceritanya, gue masih, berusaha buat dudukin otak gue. Gue ga boleh ngelawan orang tua, apapun yang gue lakuin, harus sesuai keinginan orang tua. YA! HARUS! Banyak temen gue cerita (baca: curhat), yang salah jurusan lah, yang ga sesuai keinginan lah, tapi gue hanya bisa tersenyum, sembari berkata, “our parents know the best for us guys!” tanpa mereka ketahui, sambil bilang itu, mata gue bengkak. Bukan, bukan karena di cium semut, atau nyamuk sangking cintanya mereka sama gue, tapi karena gue udah duluan nangis, dan ngerasain apa yang mereka rasain juga. Dan saat itu, keyakinan gue bertambah, bukan syirik ya. Gue yakin, kalau gue berusaha, gue pasti jalanin apa yang seharusnya ga gue jalanin, contohnya aja gue ga harus ngejalanin odong-odong, tapi gue jalanin juga, alhasil, odong-odongnya nabrak tukang bubur. Jadi tukang buburnya ga jadi naik haji. Jadinya itu naik ambulance. Itu kesalahan fatal, jangan ditiru ya guys. Ada yang bilang, “jalanin hidup kayak air mengalir aja”. Artinya ga peduli apapun, ikutin aja jalan ceritanya, jangan kemana-mana setelah pesan-pesan berikut ini (eh). Ini serius, Tapi mungkin mereka lupa kalau sifat air itu mengalir ke tempat yang rendah. Jadi gue mikir lagibuat ngikutin kata-kata barusan, gue ga mau ngalir ke tempat yang lebih rendah. Ntar gue jadi makin rendah, udah serkarang rendah, ntar kalau gue idup kayak air, jadi makin rendah. Lanjut!
Sesek yang gue rasain, lebih sesek daripada sesek boker atau sesek buat ngejalanin hidup berdua denganmu. Bukan. Bukan itu maksud gue. Tapi, gue pernah ngerasa lelah, letih, lesu, lunglai. Buakan karna gue anemia, tapi gue lelah kadang, nurut mulu. Astaghfirullah, fikiran apa ini. Tapi emang bener. Tapi teteeeep aja gue nurut. Ga ngerti lah lagi dedek bang. Lain cerita, disela-sela kuliah gue yang ada laah sedikit asemnya, ga pahit semua, dan ga manis semua, gue jadi stress. Sepresi, mungkin kalau ga sholat, mungkin gue udah tidur dipinggiran jalan, bawa karung yang isinya entah apa saja, dengan style wajah seperti habis diserang negara api (baca: orang gila). Di situasi ini gue mikir (sujud syukur karna masih bisa mikir), sifat air memang mengalir ketempat yang lebih rendah, tapi gue pernah belajar fisika tentang kapilaritas. Air, kalau dicelupin tisu atau air yang punya daya kapilaritas, otomatis, air bakalan naik ke atas. Disini, gua ambil hikmahnya, gue bisa aja jalanin hidup gue dengan baik, kayak air yang naik ke tempat yang tinggi, dengan usaha, dan pikiran positif.
Seketika, gue kepikiran buat mendaki gunung merapi, udah lama banget. Dari SMA, masa gue dikasih edelweis mulu dari temen temen, abang abang yang udah balik dari mendaki gunung, lewati lembah, sungai mengalir indah ke samudra. Gue iri wooy! IRIII! Walaupun di pelajaran agama, gue ga boleh iri karena itu sifat tidak terpuji, tapi ini irinya lain (tetep aja ngeles kamu caaaa), i dont care lah tapi. Di sisi lain, gue ambil hikmah mendaki gunung ini, berharap, saat ga ada orang yang bisa ngedengerin suara lo, mungkin alam sudi mendengar, walau tanpa feedback berupa saran, tapi dia memberi kenyamanan yang sudah lebih dari cukup. Kebetulan ada adek kelas yang ngajakin, jadi gue minta izin orang tua gue dulu. Kurang proposal sih sebenernya, tapi dont care lah. Jleb! Permohonan gue ditolak mentah-mentah. Iya, gue tau gue cewek. Tapi gue pengen teriak di puncak gunung merapi mah, yah. Daripada gue teriak di mesjid kan :’(. Tapi tetep gue ga dapet izin. Disituasi ini, gue susah banget buat berdamai dengan situasi kondisi. Gue nangis lagi! Udah kayak di sinetro-sinetron, gue ga mau makan, ga mau ngapa-ngapain, gegara gue ga dibolehin mandeki gunung. I know, that my parents loved me so much. But, just for the first time and may be dor the last time, gue pengen teriak di puncak gunung merapi :’( sudahlah, gue tetep ga bakalan dapet. Gue jadi inget kata ayah, jadi anak kedokteran memang ga bakalan bisa ngapa-ngapain, selain belajar. Tapi yah, mah, ga tahukah gue enek, ga jarang gue pasang foto-foto gantung diri, buat ngelampisain stressnya gue. Tapi foto doang kok, gue ga bakalan sebodoh itu, ya walaupun otak gue DUDUK banget. Intinya, di situasi ini, gue berpikiran, orang tua gue sayang sama gue, ga mau gue kenapa-napa secara fisik, tapi tidak secara ini dan ini (nunjuk hati dan otak). AYAH, MAMAH, I LOVE YOU, although my heart and my brain so pain. And i hope, you’re know that i cant standing in this pain. For the second time :’D
Buat temen-temen yang mau mendaki ke gunung merapi, sampaikan salam gue, bilang kalau gue capek dengan orang, gue rindu belaian alam, bukan, gue bukan jablai. 
we can take from this story that "our parents know the best for us, although thats so pain for us, but still doing what your parrents say".

No comments:

Post a Comment