Sunday, September 15, 2013

kisah klasik tahun pertama

     
     6 Agustus 2012, kisah klasik dimulai. Segala yang berhubungan dengan awal, ini nih pangkalnya. awal masa transisi lebih difokuskan lagi, blur semua yang mengganggu. Agak freak memang, kenapa musti dijalanin hal ginian, tapi ya sudahlah. Terdamparnya gue dikelompok 13 b yang mulanya beranggotakan 9 orang jadi awal cerita tahun pertama di FK UNAND.
Fadhil yang kemudian ditunjuk sebagai ketua kelompok, mungkin fadhil orang ter woles dari semuanya, ditunjuk jadi ketua di hari pertama malah nggeh nggeh wae. next, ada Audry yang kini telah mempunyai seorang anak dan entah kapan brojolnya yang bernama Elfon. secara otodidak audry dipanggil mama oleh si autis elfon, sampai sekarang si elfon masih sering jungkir balik buat nemuin mamanya yang lagi jagain lilin buat kehidupan sehari-hari. trus ada vani sama vista, ni anak bedua gimana ya? yaa gitulah, heboh-heboh gajelas. tapi kadang hebohnya jelas kok, jelas ngegossipin orang. ahiihihii. ada juga makhluk dari planet alay, namanya 4ngg4 (sorry Angga, just for fun kok) hahaha. oppps, kita lanjut ke bocah-bocah tangguhnya HET. ada Akbar sama April, mereka ini si jenius dari goa jepang yang berani kabur dari penjajah selama berabad-abad. dengan berbekal buku guyton dan kamus dorland buat nimpukin penjajah. terakhir ada cewe, yang bingung banget cerita ini mau dibawa kemana, ya itu gue sendiri, ica. 
inilah kami, the 13's
     tahun pertama, kenal dengan istilah terminologi. nah, jadi terminologi ni ngebahas tentang terminologi-terminologi yang ada di dalam terminologi, dan neneknya terminologi udah bobok sejam yang lalu. udah kita balik ke pembahasan. di pangkal transisi ini, gue dipertemukan dengan bidadari-bidadari dan bidadara yang turun dari planet nonamenya dragon ball, yang warna makhluknya ijo-ijo gitu, freak kan? emang. tapi mereka ga ijo-ijo kok. kami semua berbeda-beda sampul, tapi sehati (oke, ini lebay banget). 
    penyesuaian demi penyesuaian, akhirnya kekompakkan bisa juga kami rangkul. nih, si fadhil, tetep nggeh jadi ketua kelompok tetep. selanjutnya, ga kuliah namanya kalo ga ada tugas -__- tugas pertama kami adalah menggambar. tidaaak!! tidaaak!! kami tidak menggambar si entong lagi naek bendi. eeiissh, bukaaan!! kami juga ga nge gambar lobang idung raditya dika. tapi kami ditugaskan dengan SK walikota Padang menggambar sel. YAAA, gambar sel makhluk hidup. bukan gambar sel jin. tugas pertama, dengan kesepakatan beberapa orang aja, fix dikerjain di kost.an gue. ada vani, vista, audry, akbar, elfon, angga dan mikroorganisme lainnya. inilah hasilnya -__-

bukaan, bukan ini tugas yang dikasih dosen gue. 
     blok demi blok, pohon demi pohon kami lewatin. mendaki gunung lewati lembah, sungai mengalir indah lupa kami lewatin. masuk deh newbie 13b yaituu, jeng jeng jeng....bang nopri. iyaa, dia ini datang entah dari negri mana, yang jelas bukan dari negri 1001 malam. 
     keseruan, ke freak.an, dan ke amazing.an 13b ini bener-bener tiada duanya, tak terhingga sepanjang masa kalo kata penyanyi cilik. 8 agustus 2012 birthday angga berlalu, 16 september 2012 birthday akbar pun berlalu. entah feeling apa, saat hari brojolnya elfon 29 november 2012, terpikir buat ngerayain hari brojolnya mereka bertiga. entah selang beberapa hari, 13b ditraktir makan sama pria-pria tampan ini (karna udah ditraktir nih,  bilang tampan deh) :') .  
    udah mulai bingung gue mau ceritain bagian ini gimana. tapi, dengan berat tangan gue tetep nari-nari di keyboard nih laptop uzur. akhir semester tiba, libur pun telah tiba ujar tasya. dengan effect slow motion, gue ninggalin kost berhantu pirrates jatirawang menuju ke istana gue yang sebenarnya. ga cuma gue kok yang pulang, semuanya pulang, kecuali yaaah para bocah tangguh HET, Akbar sama april bertengger dikota padang. walaupun 13b ga pernah ketemu di liburan, tapi komunikasi tetep jalan, karna ada gratisan kali ya. gue tetep sms an sama semua member 13b. :') hingga 14 januari, komunikasi masih berjalan, penuh penyemangatan dari akbar. karna hasil ujian satu per satu nongol di portal, gue mulai galau-galau ga jelas. tapi, pesan singkat dari si akbar, bener-bener ngasih spirit banget buat gue yang masih bocah nghadepin hal ginian sendiri. tidak, komunikasi terputus dengan kata terakhir "sama2 cha :) fighting !!! Semangaaat :D" dari akbar. injeksinya benar benar luar biasa. 
     23 januari, harapan gue member 13 bisa ngasih doa semua buat gue. satu per satu, udah ngucapin. tinggal sesepuh gue yang belom ngucapin. yaa, Akbar. pesan singkatnya, belum juga datang-datang. hingga siang itu, gue kirain akbar mengirim pesan singkat, ternyata vani. jujur, gue udah ga kuat nahan tangis buat nge review nih cerita. isi pesan dari vani 
"Teman2 akbar masuk rumah sakit keracunan bakteri sekarang di siti rahmah bagi yg masih d padang ayuk kita jenguk soalnya parah teman2" 
sontak, alfatihah doang yang gue ucap, gue ga tau musti gimana. shock! kalo ada kata yang lebih dari shock, itu perasaan gue dapet sms gitu.  
    seusai gue sholat maghrib, gue baca yasin.masih dengan harapan, kalo akbar pasti masih bisa nyampein doa dia buat gue, karna ini hari kurangnya umur gue. ga lama setelah gue nge akhirin ngaji, sms dari ketua (fadhil) dateng, isinya 
"Innalillahiwainnailaihirojiun. Telah mnggal saudara kita m akbar bakri (pendok 2012), d rs siti rahmah, semoga amal ibadah bliau d trima Allah, dan kluarga dberi ketabahan...."
     entah apa yang musti gue perbuat. gue cuma bisa nangis, berusaha tegar, tapi ga bisa. sureprisepun tak bisa menghilangkan rasa menyesal gue, yang ga bisa ada disana buat terakhir ketemu dia, akbar :'). gue ga mau memperumit cerita ini lagi yang jelas, gue cuma mau akbar tenang disana, 23 januari gue udah ditulis di nisannya. itu pembelajaran terakhir dari sesepuh gue, akbar. dia buat gue selalu inget mati. di hari lahir gue, temen gue, sodara gue pergi. :')  
     thanks so bar, thanks so member 13b (audry, elfon, vani, angga, vista,april, fadhil, bang nop).   


this is it, for ours :')

No comments:

Post a Comment